April 16, 2024
Inilah 9 Manfaat Buah Blackberry untuk Kesehatan
Inilah 9 Manfaat Buah Blackberry untuk Kesehatan

Blackberry merupakan buah yang sering dijadikan pemanis pada makanan atau minuman. Selain rasanya yang enak, buah ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sudah sejak ribuan tahun lalu buah blackberry dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit.

Buah dengan rasa manis dan asam ini banyak ditemukan di Amerika, Eropa, dan sebagian wilayah Asia. Meski bernama “hitam”, buah blackberry aslinya memiliki warna ungu gelap. Sama seperti buah beri lainnya, blackberry kaya akan vitamin dan antioksidan. Kandungan gizi inilah yang membuat blackberry memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Kandungan nutrisi buah blackberry Melansir dari Food Data Central USDA, dalam setiap 100 gram buah blackberry terdapat kalori sebesar 43 kcal dengan sejumlah kandungan gizi yang meliputi:

  • Karbohidrat: 9,61 gram (g),
  • Protein: 1,39 g,
  • Serat: 5,3 g,
  • Air: 88,2 g,
  • Gula: 4,88 g,
  • Kalsium: 29 miligram (mg),
  • Kalium: 162 mg.
  • Vitamin C: 21 mg.
  • Magnesium: 20 mg.
  • Mangan: 0,66 mg.

Selain kandungan gizi tersebut, blackberry memiliki komponen antioksidan dan indeks glikemik rendah. Buah blackberry juga mengandung vitamin A, vitamin B, selenium, zinc, serta aneka antioksidan, seperti lutein, zeaxanthin, dan antosianin. Warna ungu gelap buah blackberry berasal dari kadar antosianinnya yang tinggi. Tak heran jika banyak yang tertarik untuk mengonsumsi buah ini walaupun perlu merogoh kocek lebih banyak untuk membelinya.

Manfaat buah blackberry Setelah mengetahui kandungan dan gizi dalam buah blackberry, melansir dari Cleveland Clinic berikut ini adalah beberapa manfaat buah blackberry yang sayang untuk dilewatkan. Meningkatkan daya tahan tubuh Blackberry adalah sumber vitamin C, vitamin K, dan mangan yang sangat baik. Ketiga kandungan tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan baik. Dimulai dari Vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyembuhkan luka, memaksimalkan penyerapan zat besi, menangkal radikal bebas penyebab kanker, dan mencegah berbagai macam penyakit kronis. Lalu Vitamin K memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang dan mineral yang berperan menjaga kemampuan organ tubuh dapat berfungsi dengan baik saat beraktivitas.

Sedangkan mangan berperan dalam menghasilkan energi, melindungi sel dari kerusakan, imunitas, pertumbuhan tulang, reproduksi, dan pembekuan darah. Melancarkan sistem pencernaan Kaya akan serat, buah blackberry bagus untuk kesehatan pencernaan. Buah blackberry dapat memenuhi 31 persen kebutuhan serat harian pada tubuh manusia. Kandungan serat ini dapat membuat saluran pencernaan menjadi sehat dan terhindar dari beberapa masalah pencernaan seperti sembelit, kembung, dan sakit perut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *