May 23, 2024
Seorang laki-laki Berusia 18 Tahun dari Klaten yang Mengidap Virus Tersebut Dirawat di Rumah Sakit Sebanyak Empat Kali Setelah Ngevape

JAKARTA – Healthcarewap.com – Siswa SMA Rico Thomas Dowi Aldana (18) yang mengidap virus tersebut menceritakan bagaimana dirinya dirawat di rumah sakit setelah sering mengonsumsi rokok elektronik dan rokok elektronik selain rokok tradisional. remaja di Klaten, Jawa Tengah, menunjukkan paru-parunya didiagnosis menderita faringitis dan bronkitis akut.

“Diagnosis awal setelah dilakukan pemeriksaan adalah faringitis akut dan bronkitis akut,” kata Rico kepada Healthcarewap.com (15/05/2024). Rico mengatakan, gejala awalnya tampak seperti batuk biasa. Namun, gejala baru hilang bila gejala lain seperti sesak napas muncul dan meningkat.
Faringitis akut adalah peradangan pada tenggorokan (faring), biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Gejala umum termasuk sakit tenggorokan, kesulitan menelan, dan demam. Bronkitis akut adalah peradangan pada bronkus di paru-paru yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.
Gejala umumnya berupa batuk disertai keluarnya lendir, demam ringan, dan terkadang sesak napas.

Gejala Keluhan Sebelum masuk rumah sakit dan menjalani pemeriksaan, Rico mengalami nyeri dada sebelah kanan, sesak napas, nyeri dada dan punggung, serta demam yang naik turun. “Terakhir kali saya dirawat di rumah sakit adalah tanggal 4 Februari 2024, dan sejauh ini saya sudah empat kali dirawat di rumah sakit,” jelasnya. Kondisi Rico kini sudah membaik, namun beberapa penyakit masih ia derita. “Jika Anda belum pernah merokok, saya anjurkan Anda berhenti karena kesehatan membutuhkan uang,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *