April 16, 2024
Apakah Air Lemon Memang Ampuh Untuk Memangkas BB?

Jakarta – Healthcarewap.com Pertanyaan : Saat ini saya sedang diet. Selama ini saya rutin minum air lemon. Apakah membantu menurunkan berat badan?
Atau ada minuman yang membantu menurunkan berat badan pak?

Annisa (wanita, 26 tahun)

Jika Anda bertanya apakah air lemon dapat membantu menurunkan berat badan, jawabannya jelas tidak.
Salah satu prinsip penurunan berat badan adalah menjaga keseimbangan antara kalori masuk dan kalori keluar. Oleh karena itu, yang harus Anda lakukan untuk menurunkan berat badan adalah mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda. Misalnya memilih yang kandungan lemaknya, memilih yang kandungan gula atau karbohidratnya lebih tinggi, atau memperbanyak kandungan seratnya.

1. Bagaimana dengan peranan air lemon?

Air lemon dalam banyak penelitian dikatakan bahwa memiliki salah satu efek sebagai diuretik. Artinya, ikut memperbanyak pengeluaran cairan dari tubuh, yang otomatis berat badan ikut turun.

Tapi, harus diingat penurunan berat badan bukan berarti harus mengurangi cairan. Penuruna berat badan yang harus dikurangi adalah jumlah kadar lemak dalam tubuh.

– Vitamin C dalam lemon

Lemon juga memiliki kandungan vitamin C. Diketahui bahwa semua vitamin C kalau dalam kadar tertentu, dikonsumsi bersamaan dengan rutin olahraga maka pembakaran lemaknya tinggi.

Namun, kadar vitamin C dalam lemon belum cukup untuk mempercepat pembakaran lemak. Jadi, kadar vitamin c dalam satu lemon hanya bagus untuk ikut memperbaiki kecukupan vitamin c dalam satu hari.

– Lemon mengandung serat

Dikatakan juga bahwa lemon memiliki kandungan serat, tapi dari penelitian menyebut itu tidak secara signifikan bisa menurunkan berat badan. Namun, dalam beberapa penelitian dikatakan bahwa lemon baik untuk ikut mengendalikan gula darah.

– Kaya antioksidan

Jadi, penelitian yang dilakukan pada tikus, karena antioksidan dalam lemon yang cukup tinggi dikatakan bisa ikut membakar lemak. Tapi, penelitian pada manusia belum terbukti untuk hal itu.

2. Lalu, air lemon ini bagusnya untuk apa saja sih?

Air lemon ini bagus untuk meningkatkan sistem imun. Lemon ikut meningkatkan mood dan energy level. Jika mood dan energy level kita baik, pembakaran lemak kita juga baik. Saat mempunyai mood dan energi yang lebih besar, kita bisa melakukan lebih banyak kegiatan.

Tapi prinsipnya, selain makanan dikurangi, juga harus melakukan pengeluaran energi yang cukup. Jadi, kalau merasakan moodnya baik, maka niat untuk olahraga akan lebih baik. Kalau merasa energinya banyak, pasti power untuk olahraganya juga akan lebih tinggi.

3. Apakah ada opsi minuman lain yang bisa membantu menurunkan berat badan?

Opsi minuman lain sebenarnya dengan mencukupi hidrasi kita. Artinya kalau minum cairan yang cukup, itu kalau dalam penelitian bisa ikut membantu menurunkan berat badan. Bahkan lingkar pinggang juga bisa ikut mengecil paling tidak 3 cm.

Peranan infused water, jadi bukan hanya sekedar isi lemon, atau bisa menggunakan isian stroberi, melon dan sebagainya, bagusnya untuk ikut menurunkan atau mengurangi asupan gula pada orang-orang yang tidak suka rasa air putih.

Ada orang yang maunya mencukupi kebutuhan cairan tidak mau menggunakan air putih, katanya ada yang baunya seperti bau ledeng, bau kaporit. Jadi mereka lebih suka dengan minuman-minuman yang mempunyai wangi dan rasa tertentu.

Jadi, untuk mencukupi hidrasi tubuh boleh pake air putih atau air lemon tapi tidak ditambah gula atau apapun di dalamnya.

Pilihan lainnya bisa menggunakan cairan yang mengandung serat. Ini pastinya untuk meningkatkan rasa kenyang yang lebih lama, jadi asupan kalori juga menurun.

Beberapa yang harus diperhatikan dalam penggunaan infuse water yang mengandung lemon, yaitu pada mereka yang punya gangguan lambung. Karena itu bisa meningkatkan asam lambung. Sehingga kalau punya bakat GERD atau sakit lambung, itu lebih harus hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *