May 23, 2024
Ahli Bedah Ungkap Warna Urine dan Pentingnya Bagi Kesehatan Tubuh

Jakarta – Healthcarewap.com – Warna urine bisa berbeda-beda tergantung faktor yang mempengaruhinya. Misalnya, urine yang benar-benar jernih menandakan Anda minum terlalu banyak air.
Mungkin ada warna urine lain yang perlu Anda waspadai.

Hamid Aboudi, Konsultan Bedah Urologi di Imperial College Healthcare NHS Trust, memperingatkan tiga warna spesifik dalam urin yang tidak boleh diabaikan. “Warna urine dapat memberi tahu Anda banyak hal tentang kesehatan Anda, jadi sebaiknya lakukan pemeriksaan cepat sebelum dibilas,” katanya kepada Express.

Jangan Lupa Kunjungi Juga :

Hamid mengatakan warna urine yang harus diwaspadai adalah oranye, merah muda, dan merah.
Urin berwarna oranye dapat mengindikasikan masalah hati yang serius. “Urine yang sangat gelap atau oranye bisa menjadi tanda dehidrasi parah atau masalah hati, terutama jika tinja Anda juga berwarna pucat atau putih,” katanya.

“Jika urin Anda berwarna merah atau merah muda, Anda harus selalu memeriksakan diri ke dokter umum atau ahli urologi karena ini mungkin mengindikasikan adanya darah. “Hal ini perlu kita dorong, lanjut Hamid. Darah dalam urin dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk infeksi saluran kemih (ISK), batu ginjal, penyakit ginjal, pembesaran prostat non-kanker, dan pengobatan tertentu.

Jangan Lupa Kunjungi Juga :

“Penting juga untuk menyingkirkan kemungkinan adanya kanker prostat, ginjal, dan kandung kemih.
Dokter umum atau ahli urologi Anda dapat melakukan tes sederhana untuk memeriksa apakah pendarahan Anda bukan karena penyebab ini,” kata Dr.Hamid.

Selain warna-warna tersebut di atas, Pak Hamid juga menyebutkan warna dan jenis urine lain yang mungkin berhubungan dengan gangguan kesehatan. Urine Kuning Muda Urin normal berwarna kuning muda menunjukkan bahwa Anda mungkin meminum jumlah air yang tepat dan terhidrasi dengan baik.
Urine Kuning Tua Urine berwarna kuning tua mungkin menandakan dehidrasi.

Dehidrasi berdampak negatif pada ginjal dan dapat menyebabkan masalah medis lainnya, seperti batu ginjal. Batu ginjal bisa sangat menyakitkan, jadi penting untuk tetap terhidrasi,” kata Hamid. Air seni bening atau tidak berwarna Hamid menyarankan untuk tidak minum air terlalu banyak, karena asupan cairan yang berlebihan juga dapat menimbulkan masalah.

Jangan Lupa Kunjungi Juga :

“Minum air terlalu banyak dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar natrium dalam darah, yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal, kejang, dan bahkan kematian. Untungnya, hal ini jarang terjadi,” katanya. Urine Keruh Urin keruh atau adanya endapan yang terlihat mungkin mengindikasikan infeksi kandung kemih.


Link Terkait :


mega4d


mega4d


mega4d


mega4d


mega4d


for4d


rokokbet


bet4d


bet4d


shiowla


For4d 


agen togel

Mix Parlay

Mix Parlay

Mix Parlay

Mix Parlay

Mix Parlay

Slot Mahjong

Scatter Hitam

Scatter Hitam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *